counter create hit

S1 Teknik Informatika

Program Studi S1 Teknik Informatika adalah salah satu program studi yang ada di Kelas Karyawan Universitas Paramadina dengan keterangan sebagai berikut:

PROGRAM STUDI: S1 TEKNIK INFORMATIKA
Peringkat Akreditasi BAN PT : B

MASA STUDI:

a. Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat:

  • Masa studi : 8 semester (4 tahun)
  • Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 144 – 147 sks

b. Lulusan D3/Politeknik/Akademi dan sederajat:

  • Masa studi : 4 semester (2 tahun)
  • Beban Studi dari D3 semua jurusan yaitu (jumlah sks yang harus ditempuh): 70 – 80 SKS

Catatan: Lulusan Paket C juga bisa mendaftar

JADWAL KULIAH

Pilihan waktu kuliah:

  • Kelas B : Senin s.d Jum'at (18.30 - 21.00) + kelas online (Sabtu)
  • Kelas C : Sabtu (07.00 - 18.00) + kelas online (Weekdays)

PILIHAN KAMPUS

  • Kampus Jakarta: Jl. Gatot Subroto Kav. 97 Mampang Jakarta Selatan 12790
  • Kampus Cikarang:  Meikarta Distrik 2, Cikarang, Bekasi

DESKRIPSI

 

Prodi Teknik Informatika memberikan pendidikan dasar teoritis komputasi dan informasi serta aplikasinya pada sebuah sistem komputer. Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi informasi telah menjadi bagian kehidupan luas, dalam segala aspek, serta ketepat-gunaannya telah membantu berbagai jenis organisasi. Prodi Teknik Informatika Paramadina, menyediakan pendidikan bagi individu yang beraspirasi untuk menjadi bagian dari perkembangan teknologi tersebut. Kebutuhan akan tenaga profesional di bidang ini sangat tinggi, baik di level nasional, regional dan internasional. Kami telah berdiri, semenjak tahun 1998, bersamaan dengan pendirian Universitas Paramadina. Kami berupaya untuk memberikan pendidikan sarjana berkualitas dengan tenaga pengajar yang berdedikasi pada bidang ilmunya, serta fasilitas pendukung yang baik.

VISI

Menjadi program studi informatika unggulan tingkat nasional tahun 2022 dan bereputasi internasional tahun 2025 dengan fokus pada Internet of Things dan Game Industry

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan informatika di bidang IoT dan Game Industry yang berkualitas unggul dan sesuai dengan perkembangan tren teknologi terkini
  2. Menciptakan suasana akademis yang mendorong kegiatan penelitian di bidang IoT dan Game Industry untuk menghasilkan karya penelitian yang unggul
  3. Melaksanakan kegiatan pengaplikasian ilmu pengetahuan bidang informatika sebagai wujud pengabdian masyarakat
  4. Menanamkan jiwa Leadership, Entrepreneurship, dan Ethic sebagai bekal mahasiswa untuk terjun ke dunia profesional

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan sarjana informatika yang kompeten di bidang IoT dan Game Industry yang memiliki jiwa kepemimpinan, entrepreneur , dan memegang teguh nilai-nilai etika serta memiliki daya saing di tingkat internasional
  2. Terciptanya karya penelitian di bidang IoT dan Game Industry yang berkontribusi terhadap pengembangan teknologi terkini dan terpublikasi pada jurnal internasional bereputasi
  3. Terwujudnya kerjasama yang intensif dan ekstensif dengan pihak lain (lembaga pendidikan, penelitian, pemerintah, industri, dan alumni) dalam rangka meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.
  4. Terwujudnya reputasi unggul melalui peran aktif dalam kegiatan informatika di tingkat nasional dan internasional

Kurikulum dan Metode

Kurikulum Program Studi dirancang untuk mempersiapkan individu memasuki bidang informatika yang berkembang pesat dengan berbagai peluang. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengikuti panduan KPT dari DIKTI dan Panduan Asosiasi Informatika, yaitu APTIKOM. Kurikulum terdiri dari ilmu khas informatika seperti algoritma, teori dasar ilmu komputer, serta konsep bahasa pemrograman. Arsitektur dan organisasi komputer, manajemen informasi, jaringan dan sistem operasi serta sistem berbasis komputasi pada berbagai tingkat abstraksi. Lalu juga terdapat mata kuliah domain spesifik untuk pengembangan perangkat lunak pada berbagai platform, serta mata kuliah lain yang relevan dengan bidang ilmu komputer. Kurikulum Teknik Informatika Paramadina memberikan penekanan bidang IoT dan Pengembangan Game, sebagai ciri khas program studi.

Metode pembelajaran dilakukan dengan orientasi kepada siswa (Student Centered Learning), di mana dilakukan diskusi interaktif, baik daring dan luring, di dalam dan luar kelas. Praktikum dengan bantuan asisten dan dosen pengajar, ataupun yang bersifat self-paced. Kesempatan untuk mengembangkan minat terhadap suatu topik tertentu dengan bergabung dengan penelitian dosen, baik secara individu maupun berkelompok. Kolaborasi dalam perkuliahan, didukung perangkat dan fasilitas elektronik yang dimikili kampus.

Prospek Kerja

Beberapa profesi yang bisa diambil setelah studi

  • Mobile Programmer
  • Web Programmer
  • System Analyst
  • Konsultan IT
  • Software Tester
  • Game Developer
  • Software Engineer
  • IT Security System
Silahkan Bertanya
ANDA JUGA BISA BERTANYA DI SINI

Nama Lengkap *
No HP *
Email *
Domisili *
Pertanyaan

PERMINTAAN BROSUR

PENDAFTARAN ONLINE

FOLLOW INSTAGRAM

DOWLOAD BROSUR